04 Agustus 2009

Untuk para fotografer.. software oke untuk menghilangkan noise pada foto

Neat Image adalah sebuah software yang bisa digunakan untuk menghilangkan noise. Selain bisa digunakan sebagai Standalone (dijalankan secara langsung dari Start menu), Neat Image juga bisa diterapkan sebagai sebuah plugin Photoshop. Sebagai plugin, Neat Image kompatibel dengan Photoshop mulai versi 5 hingga CS4.
Berikut ini daftar program yang kompatibel dengan Neat Image (diambil dari keterangan di situsnya)

* Adobe Photoshop versi 5 sampai CS4
* Adobe Photoshop Elements versi 2 sampai 7
* Corel / Jasc Paint Shop Pro versi 7 sampai X2
* Corel Photopaint versi 12 sampai X4
* Ulead PhotoImpact versi 8 sampai X3
* PhotoLine32
* Microsoft Digital Image Suite 2006
* Microsoft Digital Image Pro
* Serif PhotoPlus
* IrfanView
* XnView

Jika ingin menggunakan program ini, Neat Image bisa didapat dari www.neatimage.com. Terdapat beberapa versi program ini, dari mulai versi Demo (gratis), Home hingga Pro+ edition (yang bisa dibeli mulai $29,9 - $74,9).

Setelah download, tinggal diinstal di komputer. Jika akan digunakan sebagai plugin, akan muncul pilihannya pada saat proses penginstalan.

Setelah selesai diinstal, untuk menjalankan software ini sebagai Standalone, pilihlah dari Start > All programs > Neat Image > Neat Image.

neat image sebagai standalone

Jika ingin menggunakannya sebagai plugin Photoshop, maka bukalah sebuah foto dengan Photoshop, kemudian pilih menu Filter > Neat Image > Reduce Noise.

saat digunakan sebagai plugin photoshop

Selain menghilangkan noise (yang biasa terjadi pada foto digital yang saat pemotretannya kurang cahaya), bisa juga digunakan untuk menghaluskan gambar yang pecah karena diperbesar ukurannya. Foto-foto dari kamera handphone yang kecil ukurannya, dan pecah saat diperbesar juga bisa dihaluskan dengan plugin ini.

Jika mengalami kesulitan saat menggunakan plugin ini, di halaman tempat download tersebut diatas juga tersedia tutorialnya dalam bentuk pdf yang bisa didownload.

(sumber: belajar tutorial photoshop)

semoga membantu..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar